Selasa, 28 Oktober 2008

RIWAYAT HIDUP HUSEIN AIDID


Pada Setiap Zaman yang kita lalui pasti ada setumpuk kenangan, kenangan yang penuh kesan, kenangan indah dan terindah, kenangan yang menyimpan sejuta makna. Kenangan juga ada dalam karya musik yang berupa lagu. Musik sebagai bahasa yang universal adalah suatu karya seni yang besar dan luas yang tumbuh dan berkembang dengan cara dan jalannya sendiri yang unik. Kesejukan yang ditimbulkan suatu karya musik juga ada pada lagu-lagu lama yang menyimpan begitu banyak kenangan. Banyak penulis lagu Indonesia yang kreatif dan produktif yang memberikan konstribusi amat berarti bagi kekayaan perbendaharaan musik Indonesia. Banyak pula penulis lagu Indonesia yang telah tiada, yang meninggalkan reputasinya yang gemilang dan meninggalkan sejumlah karya seninya, satu diantara sekian banyak penulis lagu yang telah meninggalkan kita semua dan meninggalkan begitu banyak karya adalah Husein Aidid.
Husein Aidid anak satu-satunya dari pasangan Alwi bin Abubakar Aidid dan Fatimah. Lahir tahun 1913 di Jakarta, mempunyai seorang isteri bernama Saodah serta 6 ( enam ) orang anak, yaitu Alwi, Fatmah, Faisyi, Abubakar, Farhana dan Hamid.


Tempat tinggal yang pertama di Jalan Pekojan No.83, Jakarta Barat. Kemudian pada tahun 1956 pindah ke Jalan Pejagalan I, Jakarta Barat, jaraknya tidak jauh dari tempat tinggal yang pertama. Pada tahun 1958 ia hijrah ke Tanah Abang yaitu Jalan Tanah Rendah IV/2A, Jakarta Pusat sampai beliau meninggal dunia.







Pendidikan : Lulusan Sekolah Kampong Djawa-Batavia Centrum. Jurusan Metaalbewerking.


Selain mengarungi dunia permusikan ia mempunyai usaha yaitu dagang arloji di Pasar Baru dan Glodok, kemudian dagang barang-barang furniture di Jembatan Kambing, Pekojan, dan juga barang-barang kerajinan tangan dari Tasikmalaya di Jembatan Lima serta terkahir dagang barang-barang onderdil mobil di Pasar Onderdil Tanah Abang.




Husein Aidid wafat pada tanggal 19 September 1965.


2 komentar:

Muhammad mengatakan...

Tampilan pada website ini menarik.... dan ada unsur klasiknya...

Andrew Weintraub mengatakan...

saya sangat tertarik pada karir beliau Husein Aidid. Mohon dihubungi:

anwein@pitt.edu

Andrew Weintraub
Associate Professor of Music
University of Pittsburgh
Pittsburgh, USA